Fungsi Bisnis @Radar Malang oleh (Bapak Kurniawan Muhammad) Direktur Radar Malang

Dimulai dengan kisah awal mula berdirinya Radar Malang. Keberadaan Radar Malang tidak bisa            terlepas dari keberadaan Jawa Pos Biro Malang.Jawa Pos Biro Malang ada sejak 1980-an .Tahun 1999 menjelang diberlakukannya otonomi daerah di Indonesia, Jawa Pos membuat 7 (tujuh) radar di Jawa Timur sebagai pelopor koran daerah. Ketika tahun 2000 Otonomi daerah benar-benar diterapkan.  
Radar Malang dan Jawa Pos Group memiliki hubungan yaitu Jawa Pos sebagai holding (perusahaan induk) mempunyai banyak anak perusahaan dengan berbagai macam jenisnya, seperti : 
a) Media cetak
    - Punya koran di semua provinsi di Indonesia, dengan jumlah sedikitnya 300 an  koran. Dari 300-an koran di setiap provinsi ini, kebanyakan punya anak perusahaan lagi berupa       koran di kota-kotanya masing-masing.
    - Punya majalah sedikitnya 100-an.
    - Punya Tabloid sedikitnya 70-an.
    - Setiap koran dibagi dalam cluster
    - cluster berdasarkan kewilayahannya.
    - Radar Malang berada dalam cluster Jawa Pos Radar (JPR). Ada 18 koran lokal. Wilayahnya Jawa Timur, Jawa bagian Tengah (Semarang, Jogja, Solo   dan Kudus), dan Bali (Bali dan Bali Ekspres).
    - Radar Malang sampai saat ini, terbesar dalam hal oplah dan kapitalisasi(omset,laba). Dimana Oplah adalah jumlah eksemplar dicetaknya koran dalam sehari. Dan reader adalah pembaca dari setiap koran.
b) Media elektronik
      - Punya jaringan televisi lokal
      8 sedikitnya 35 televisi lokal.
c) Media Online
      - Jawa Pos Digital
      - Jawa Pos.Com
      - Online di seluruh daerah
d) Hotel
       News Hotel
e) Percetakan
     Temprina
f) Pabrik Kertas
   Adiprima Suraprinta
g) Power Plant

C. Bisnis Koran
    Merupakan bisnis yang "Khas" karena Punya dua sisi yang secara “ideology” berbeda Idealis pada sisi News           dan Bisnis pada sisi Iklan yang keduanya harus bisa "kawin".
D. Bisnis koran adalah khas
     - Satu sisi produknya bisa dianggap   sebagai barang.
    - Sisi lain produknya bisa dianggap     sebagai jasa.
   - Jam kerja yang khas (divisi redaksi)
●Tantangan Bisnis Koran
    1. Gempuran Online, Media Sosial dan media elektronik.
    2. Life Style yang berubah
        - Orang semakin suka dengan hal-hal               yang praktis
        - Mempengaruhi pola orang memasang           iklan.
   3. Perubahan demografis
      Angka usia muda trennya selalu       meningkat. Sehingga koran ditantang untuk selalu bisa menyesuaikan               dengan keinginan pembaca yang semakin muda.

DASAR STRATEGI MARKETING RADAR MALANG itu sendiri terdiri dari : 
1. Penentuan Pasar
    - Penentuan STP (segmentation,       Targeting,Positioning)
    - Segmentasi prioritas
    - Menengah (kelas B), menengah ke atas         (AB), dan atas (A).
    - Young People
    - Women
    - Netizen
    - Young Family
    - Segmentation adalah bidikan. Targeting       adalah destinasi. Positioning adalah               kemapanan dalam posisinya yang kokoh dan semakin kuat.

2. Perencanaan Produk
    - Peduli Packaging
    - Packaging harus selalu menarik, dinamis, memudahkan pembaca dan kreatif .
    - Packaging di sini adalah terkait dengan penampilan atau pewajahan media cetak. Salah satu yang memegang peranan penting adalah lay out.

3. Manajemen Harga
    - Ada harga psikologis yang harus dijaga
    - Harus benar-benar cermat dalam  merumuskan harga koran.
    - Di dalam harga koran, ada 8 margin yang harus dibagi dengan agen.

4. Distribusi
    - Jalur koran masih konvensional
    - Percetakan ke Ekspedisi lanjut ke Agen kemudian Sub Agen ke Striker hingga sampai kepada Pembaca/Pelanggan/Pembeli Koran.
    - Karena sangat mengandalkan agen, sub agen dan striker, maka harus benar- benar bisa me-maintenance          mereka  dengan baik.

5. Promosi dan Komunikasi
    a. Promotion by Product
     - Bisa meyakinkan dan membuktikan kepada pelanggan, pembeli, pembaca, public bahwa produk kita berbeda           dan berpengaruh daripada produk lain.
      - Promotion by customer satisfaction
      - Promosi dengan target kepuasan pelanggan.
      - Promotion by recognition
      - Promosi dengan pengakuan dari pelanggan.
      - Promotion by Achievement
      - Promosi dengan penghargaan-penghargaan atau prestasi

Finance
Omset is King, Cash Flow is Queen
Antara omset dan cash flow harus seimbang (proporsional)
Parameter Sehat : 
• Omset iklan dan omset penjualan
• Laba
• Umur piutang iklan
• Umur piutang penjualan
Setiap tri wulan, parameter ini selalu dipantau. Targetnya : "Sustainable Growth" dan "On Target".
HRD (Human Resources Departement)

Mapping Karyawan : keahlian atau penilaian terhadap plus minus karyawan.
Status :
• Percobaan
• Kontrak
• Karyawan
• Istimewa
• Baik
• Standart
• Kurang
• Mbencekno
Hasil mapping ini dijadikan dasar untuk membentuk The Dream Team. Dream Team tersebut diambil dari karyawan istimewa dan baik (sedikitnya 20%). Dengan Menganut teori Pareto : 20-80 (Untuk banyak kejadian, sekitar 80% daripada efeknya disebabkan oleh 20% dari penyebabnya).

Komentar

Postingan Populer